cover
Contact Name
Aref Vai
Contact Email
arefvai@lecturer.unri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
anggaseptiadi37@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JOURNAL OF SPORT EDUCATION (JOPE)
Published by Universitas Riau
ISSN : 26544474     EISSN : 26549069     DOI : 10.31258
Core Subject : Education,
JOPE adalah wadah penerbitan jurnal-jurnal pendidikan olahraga yang sudah bersistem OJS (Open Journal System), terindeks Google Scholar dengan p-ISSN : 2654-4474 dan e-ISSN : 2654-9069 serta secara berkala terbit pada bulan desember dan juli. Artikel ilmiah yang dipublikasikan ialah hasil penelitian, gagasan-gagasan konseptual serta kajian teori yang bisa teraplikasi dalam seluruh perkembangan ilmu olahraga terkhusus pada pendidikan olahraga.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020)" : 6 Documents clear
Pengembangan model pembelajaran passing bawah bola voli berbasis pendekatan saintifik Cahyo Muarif Wibowo Pratama; hartati hartati; waluyo waluyo
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jope.3.1.14-25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran passing bawah bola voli berbasis pendekatan saintifik pada siswa SMK. Metode yang digunakan adalah R&D (research and development). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Penelitian ini  menggunakan penilaian ahli pembelajaran serta uji coba coba skala kecil dan uji coba skala besar. Subjek penelitian yang digunakan adalah 16 responden untuk uji coba skala kecil dan 48 responden untuk uji coba skala besar di SMK Negeri 1 Tanjung Batu. Hasil dari penelitian pada uji coba skala kecil uji coba kelompok kecil diperoleh psikomotor 0,75, hasil kognitif o,73 berkategori tinggi yang didapatkan dengan analisis n-gain  dan afektif dinilai dengan skala guttman 84,37% dan termasuk kategori tinggi. dan hasil uji coba skala besar hasil psikomotor 0,74, hasil kognitif o,76 berkategori tinggi yang didapatkan dengan analisis n-gain  dan afektif dinilai dengan skala guttman 87,5 7% dan termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil penilaian ahli pembelajaran, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, maka model pembelajaran ini dinyatakan valid sehingga dapat digunakan dalam skala luas.
Metode bantuan tentor: penerapannya dalam meningkatkan passing atas bola voli mini siswa kelas v sekolah dasar Yusuf Utama
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jope.3.1.43-52

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah upaya untuk  meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli mini melalui bantuan tutor sebaya siswa kelas v sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data yang dianalisis meliputi data kuantitatif (dengan menampilkan angka-angka sebagai ukuran prestasi), dan data kualitatif (dengan menampilkan angka sebagai perbandingan). Analisis data dilakukan secara deskriptif komparatif yang bertujuan untuk membandingkan kondisi sebelum dan sesudah diadakan tindakan perbaikan pembelajaran. Tahapan dalam tindakan menganalisis data meliputi reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Subjek yang digunakan berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pratindakan dari 40 siswa, terdapat 18 siswa (45%) yang tuntas belajar. Pada akhir siklus I dari 40 siswa, terdapat 20 siswa (50%) yang tuntas belajar. Pada akhir siklus II dari 40 siswa, 32 siswa (82,87%) telah tuntas belajar. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode bantuan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli mini siswa kelas V Sekolah Dasar.The use of the tentor assistance method in order to improve passing over mini volleyball for class V elementary school students AbstractThe purpose of this study is an effort to improve the results of learning to pass over mini volleyball through the help of peer tutors for grade V elementary school students. The research method used is classroom action research. The data analyzed included quantitative data (by presenting numbers as a measure of achievement), and qualitative data (presenting numbers as a comparison). Data analysis was carried out in a descriptive comparative manner which aims to compare the conditions before and after the learning corrective action was taken. The stages in the action of analyzing data include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The subjects used were 40 students. The results showed that in the pre-action of 40 students, there were 18 students (45%) who had finished learning. At the end of the first cycle of 40 students, there were 20 students (50%) who had finished learning. At the end of the second cycle of 40 students, 32 students (82.87%) have finished learning. Thus it can be concluded that the application of the peer tutor assistance method can improve the learning outcomes of passing on mini volleyball for fifth grade elementary school students.
Upaya meningkatkan servis atas bolavoli mini menggunakan metode pembelajaran game terhadap siswa sekolah dasar Sukari Sukari; Tito Pangesti Adji; Kukuh Hardopo Putro
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jope.3.1.53-62

Abstract

Pengajaran olahraga atau pendidikan jasmani disekolah dasar, khususnya cabang olahraga bolavoli, masih sulit diajarkan dalam bentuk aturan cabang olahraga yang sesungguhnya, karena tingkat perkembangan fisik anak masih belum mampu mengatasi beban yang seberat itu. Permasalahan yang dihadapi oleh guru olahraga disini adalah kurangnya kemampuan siswa kelas VI SDN 02 Sumberingin Kidul dalam melakukan servis atas bolavoli mini. Dari permasalahan yang sudah diketahui tersebut dengan kurangnya kemampuan servis atas bolavoli mini siswa kelas VI SDN 02 Sumberingin Kidul, peneliti akhirnya mengambil keputusan dengan menggunakan model pembelajaran game dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan servis atas siswa kelas VI SDN 02 Sumberingin Kidul. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil kumulatif tes siklus 1 bahwa 55% dari jumlah siswa belum mencapai ketuntasan dan yang tuntas mencapai 45%. Hal tersebut menunjukan bahwa target yang di inginkan peneliti yaitu  lebih dari 70% dari jumlah siswa belum tercapai. Berdasarkan hasil kumulatif tes siklus 2 bahwa 75% dari jumlah siswa telah mencapai ketuntasan dan rata-rata kelas 77,75. Hal tersebut menunjukan bahwa target yang di inginkan peneliti yaitu  lebih dari 70% dari jumlah siswa telah tercapai.
Shooting free throw: apakah dipengaruhi imagery dan keyakinan diri? Fitri Agung Nanda; Novriansyah Novriansyah; Muhammad Imam Rahmatullah; Candra Widiastuti; Sigit Dwi Andrianto
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jope.3.1.1-13

Abstract

Shooting free throw is one of the most important techniques and often influences the final result of a match because this shot is usually a shot given as a reward for an offense. The purpose of this study was to determine whether there is an interaction between imagery training and self-efficacy that affects the results of shooting free throw on basketball extracurricular. This study used an experimental method with a 2x2 factorial design. The study population was basketball extracurricular participants in Bantul Regency. The instrument measured the level of efficacy using the self-confidence questionnaire and the results of the free throw shooting using the free throw throw test adopted from Arianto B. Analysis of the data in this study used an analysis of variance (ANAVA) of two paths at a significant level α = 0.05. The results of the study showed that there was no interaction between imagery training and self-efficacy in the results of shooting free throw on basketball extracurricular, seen by the value of sig = 0.835> 0.05
Small sided games meningkatkan kebugaran jasmani dan keterampilan bermain sepakbola Mochamad Ridwan
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jope.3.1.35-42

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari small sided games dalam meningkatkan kebugaran jasmani dan keterampilan bermain sepakbola. Metode yang digunakan adalah sistematik literatur review dengan data base google scholar, science direct, jurnal nasional serta jurnal internasional dengan rentang tahun 2012-2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan SSG dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan keterampilan bermain sepakbola. Kebugaran jasmani dan keterampilan bermain diperlukan bagi atlet sepakbola agar penampilannya dapat sesuai dengan komponen yang harus dimiliki oleh atlet professional. Dapat disimpulkan bahwa small sided games dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan keterampilan bermain sebagai syarat komponen yang harus dimiliki oleh pemain sepakbola. Studi literatur lainnya dapat dianalisis terkait komponen lainnya yang dapat menunjang perkembangan sepakbola menggunakan SSG.
Sistem pembinaan prestasi atlet cabang olahraga menembak perbakin di provinsi riau Bella Shasi Saraswara; Ramadi Ramadi; Aref Vai
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jope.3.1.26-34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembinaan prestasi atlet cabang olahraga menembak PERBAKIN di Provinsi Riau. Metode Penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket yang dilakukan secara daring. Sampel pengurus PERBAKIN di Provinsi Riau, pelatih menembak di Provinsi Riau serta atlet menembak Provinsi Riau. Pembinaan prestasi cabang olahraga menembak di Provinsi Riau sudah berjalan cukup baik namun terdapat kendala dibagian pendanaan serta sarana dan prasarana. Dengan adanya penelitian ini peneliti berharap akan adanya perubahan tidak hanya pada cabang olahraga menembak tetapi juga olahraga lain khususnya di Provinsi Riau.

Page 1 of 1 | Total Record : 6